Ada beberapa hal yang juga perlu kita lakukan untuk semakin mengasah kemampuan kita berpikir secara kritis, seperti:

  1. Mempertanyakan asumsi yang kita buat
    Disadari atau tidak, sering kali kita membuat asumsi terhadap setiap informasi yang kita terima. Asumsi ini terbentuk setelah otak kita memproses kepingan informasi yang kita dapat dan membandingkannya dengan pengetahuan kita. Asumsi adalah fondasi kita untuk berpikir kritis, namun kita harus sadar juga bahwa asumsi tidak selalu benar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mempertanyakan asumsi kita agar bisa mendapatkan informasi yang benar.
  2. Memahami praanggapan kita
    Penilaian kita pun sering kali sangat subjektif dan bias karena dipengetahui emosi, terutama ketika kita menolak informasi dari seseorang yang tidak kita sukai. Misalnya, kita bisa saja kita sering diberi informasi yang tidak ingin kita dengar, yang kemudian kita ketahui kebenarannya namun kita tolak untuk percaya karena sadar bahwa selama ini kita telah meyakini hal yang salah. Memahami praanggapan kita terhadap segala hal dapat membantu kita menyikapi informasi dengan lebih bijak.
  3. Memposisikan diri sebagai orang lain
    Membayangkan bagaimana jika kita berada di posisi orang lain sangat berguna untuk mengembangkan kemampuan kita dalam menganalisis motivasi seseorang dalam membuat dan menyebarkan informasi. Pengetahuan ini sangat berguna untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, terutama dalam melihat informasi dan alasan di balik informasi tersebut.